Soekarno

JAKARTA— Proklamator Indonesia Soekarno-Hatta dinilai memiliki jasa yang luar biasa dan telah melakukan perjuangan mencapai dan mengisi kemerdekaan, sehingga pemerintah memberi gelar kepada keduanya sebagai pahlawan nasional.

Guntur, anak pertama Soekarno, menerima tanda gelar pahlawan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Rabu (7/11). Sementara untuk Mohammad Hatta diterima anaknya, Meutia.

Dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan, penetapan Soekarno sebagai pahlawan nasional berdasarkan Keputusan Presiden No. 83/2012, sementara untuk Mohammad Hatta dengan Keppres No. 84/2012.

Adapun pertimbangan pemberian gelas pahlawan nasional adalah, pertama, sebagai penghargaan dan penghormatan atas jasa yang luar biasa dan pernah memimpin serta melakukan perjuangan politik dan lainnya untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kedua, Untuk menumbuhkan kebanggaan, sikap keteladanan, semangat kejuangan, dan motivasi untuk meningkatkan darma bakti kepada bangsa dan negara

Ketiga, Soekarno dan Hatta selain sebagai proklamator juga merupakan perintis kemerdekaan dan pejuang kemerdekaan nasional.

Sumber: http://www.kabar24.com/index.php/soekarno-pahlawan-nasional-ini-dia-3-alasannya/

Advertisements